Mudahnya Cara Menanam Dan Budidaya Cabe Hias


Cabe Hias
Mudahnya cara Menanam Dan Budidaya Cabe Hias Organik – Kata “cabe” mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Cabe yang biasa kita kenal memiliki warna merah dan merupakan salah satu bahan dasar yang digunakan untuk membuat sayur atau sambal karena rasanya yang pedas. Kata orang Indonesia kalau makan tidak ada rasa pedas berasa hambar.

Tahukah Anda ternyata ada juga yang namanya cabe hias yaitu sejenis tanaman hias yang memiliki warna yang indah dan bentuk yang unik, dan bisa dikonsumsi tentunya

Banyak sekali tanaman cabe hias yang beredar di pasaran seperti Candle Light dimana buahnya bergerombol menjulang keatas, White peruvian buahnya mungil lagi unik,

Cabe Hias

Cara Menanam Dan Budidaya Cabe Hias Organik

Garda Firework Papper yang memiliki ragam warna seperti pelangi, Bolivian Rainbow Pepper atau dikenal dengan nama cabe pelangi, Black Chili Pepper dengan buah yang berwarna hitam, serta masih banyak lagi tanaman cabe hias yang lainnya, bisa anda lihat contohnya di www.cabehias.com

Cabe Hias
Berikutnya yaitu membahas tentang bagaimana cara menanam dan membudidayakan tanaman hias jenis ini. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjabaran di bawah ini:

Memilih media tanamnya
Ketika Anda ingin menanam tanaman cabe hias, Anda tidak memerlukan media tanam yang terlalu bribet. Untuk media tanamnya, membutuhkan tanah gembur dan mengandung banyak unsur hara serta mineral.

Apabila di sekeliling Anda tidak ada tanah yang gembur dan memiliki unsur hara serta mineral, Anda bisa meracik sendiri menggunakan campuran antara pasir, arang sekam, pupuk kandang atau kompos, pakis kering dan tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1: 1. Atau bisa juga tanah, pupuk kandang, skam perbandingan 1 : 1 : 1

Tanah gembur atau campuran tadi dimasukkan ke dalam pot yang memiliki drainase sangat baik. Bukan hanya tanah saja yang diperlukan, tanaman cabe hias juga membutuhkan cahaya matahari dan pengiran yang cukup.

Pembenihan atau pembibitan tanaman Cabe
Benih tanaman cabe hias yang digunakan yaitu benih yang sudah tua dan sudah dikeringkan di bawah sinar matahari.

Sebelum disebar, rendam terlebih dahulu benihnya dengan air hangat, lalu tebarkan benih tadi ke media tanam yang sebelumnya sudah disiapkan. Lakukan penyiraman secara teratur dalam waktu 7-30 hari akan muncul kecambahnya.

Penanaman cabe hias
Siapkan pot yang nantinya akan ditanami benih cabe hias. Apabila tinggi dari bibit cabe tersebut sudah mencapai 10 cm, masukkan bbit tadi dan media tanamnya ke dalam pot yang sudah disiapkan secara berlahan agar batang serta akarnya tidak rusak.

Jangan lupa untuk meletakkan pot yang berisi bibit tanaman cabe hias tadi ke tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Perawatan cabe hias
Cara perawatan cabe hias yaitu dengan cara disiram secara teratur dan tempatkan di kawasan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Apabila anda merawatnya dengan baik maka hanya dalam waktu tiga bulan, tanaman hias ini juga bisa berbuah.

Nah, ternyata tidak susah bukan cara menanam dan juga membudidayakan tanaman cabe hias ? Tertarikkah Anda untuk menanam dan membudidayakannya? Semoga info kali ini bisa membantu anda. Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment