Buah Kiwano


Harga benih 20ribu isi 12 seed.. sms 085781397780 - pin 7E97A3C9

Buah Kiwano (cucumis metuliferus) atau dikenal dengan sebutan melon bertanduk / timun berduri adalah buah yang berasal dari benua Afrika. Buah ini masih satu keluarga dengan buah melon, timun, dan semangka. Bentuknya unik, bulat lonjong dengan tonjolan-tonjolan lancip di kulitnya. Panjangnya sekitar 10 sampai 15 cm. Jika dibelah, daging buahnya berwarna hijau seperti jelly.


Sepintas penampilannya seperti buah markisa, karena banyaknya biji yang terdapat pada daging buahnya. Teskturnya lunak dan ringan di mulut, dan bijinya halus putih seperti timun dan aman dimakan. Buah ini selain dimakan begitu saja, dapat dibuat jus atau dipotong sebagai hiasan kue dan dessert. Buah kiwano ini rasanya manis sedikit masam seperti kombinasi pisang, ketimun, dan lemon.

Buah kiwano ini kaya akan serat dan berbagai vitamin antara lain vitamin A dan C. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan kuat, sehingga buah kiwano tidak jarang disebut sebagai buah antioksidan. Buah kiwano mengandung zat besi lebih tinggi ketimbang buah sejenisnya, semisal melon dan semangka. Setiap 100 g daging buah kiwano mengandung 1,13 mg zat besi, sedangkan semangka 0,24 mg dan melon 0,17 mg. Selain itu buah kiwano juga kaya akan betakaroten hingga 88 mikrogram.



Di negara asalnya Afrika, buah ini dapat tumbuh alami di ladang maupun semak-semak. Saat ini kiwano sudah banyak ditanam di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Namun sayangnya harga buah ini masih cenderung mahal. Hal ini merupakan peluang dan tantangan bagi petani kita untuk lebih giat menanam tanaman kiwano, mengingat iklim di Indonesia yang sangat mendukung.

0 komentar:

Post a comment

 

Blogger news

Blogroll